KATA PENGANTAR

 

Puji syukur saya panjatkan atas kehadirat Allah SWT kerena atas rahmat dan hidayah-nya saya dapat menyusun PROPOSAL USAHA WARUNG INTERNET  ini dengan lancar dan tepat pada waktunya, Untuk selanjutnya dalam pembuatan proposal ini tidak luput dari bimbingan berbagai pihak. Oleh karena itu saya ucapkan terima kasih kepada :

1.Orang tua yang telah memberikan dukungan dan motivasi kepada saya

2.Terima kasih kepada bapak dan ibu guru yang telah membimbing saya

3.Masyarakat sekitar yang telah memberikan dukungan

Proposal  ini saya susun sebagai bahan pertimbangan pengajuan usulan usaha yang saya laksanakan berdasarkan peluang yang ada di wilayah saya sesuai dengan pengamatan sekitar yang telah saya laksanakan.

Meskipun proposal ini telah saya tulis dengan hati-hati namun saya yakin proposal ini masih jauh dari semprna. Oleh karena nya guna menyempurnakan pelaksanaan kegiatan nantinya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENDAHULUAN

 

Di era global sekarang ini keadaan ekonomi di Indonesia memang sangat memprihatinkan sejak krisis ekonomi yang melnda bangsa Indonesia membuat banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan pengangguran.Banyak kejehatan yang terjadi dimana mana terlebih lebih di kota kota besar seperti Jakarta.banyak para pengusaha yang bangkrut kemudia gulung tikar.Banyak para remaja yang putus sekolah dan menjadi pengangguran.Sebagai warga Negara kreatif kita tidak boleh putus asaataupun pantang menyerah pada keadaan sekarang ini yang serba sulit kita harus berusaha,kreatif,inovatif dan berani mengambil suatu keputusanserta resiko untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.kita tidak harus bergantung pada orang lain.Untuk mendapatkan suatu pekerjaan kita harus berusaha semaksimal mungkin.Salah satu usaha yang dilakukan untuk mengurangi pengangguran yaitu dengan berwira usaha.Dengan kita berwira usaha kita bisa belajar mandiri dan bisa memaknai arti penting kehidupan secara tidak langsung kita sudah membantu banyak orang.

 

 

LATAR BELAKANG

 

Usaha ini berawal dari kesukaan saya browsing dan membuka jejaring sosial,karena jarak warnet dari rumah saya jauh jadi saya berniat membuka usaha warnet. Setelah saya amati usahan ini belum banyak dan jarang di temui di lingkungan rumah saya dan juga anak sekola di waerah saya.Dari informasi-informasi yang saya peroleh dan menurut pandangan saya usaha ini akan mencapai kesukseasan dan maju.Dalam usaha ini saya membuthkan 2 tenaga kerja(karyawan).Untuk dapat mengatasi segala rintangan yang saya hadapi.Dalam menjalankan usaha ini membuthukan kemantapan dan keuletan dalam menjalankanya.Saya juga akan bersungguh-sungguh dalam mengelola warung internet (warnet) ini sebaik mungkin.Begitu besarnya biaya usaha yang dibutuhkan, saya tidak akan main-main dalam usaha ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PROSPEK USAHA

 

Usaha warnet ini kira-kira memerlukan dana Rp. 33.000.000,00 untuk keperluan membeli komputer,,meja lesehan,meja operator,modem dll.

Daftar biaya yang saya keluarkan sebagai berikut :

  • Modal Tetap

1.Seperangkat komputer (operator)                  Rp. 4.900.000,00

2.Seperangkat komputer (client) x 5                  Rp. 20.000.000,00

3.Meja lesehan x 5                                           Rp. 500.000,00

4.Meja operator                                               Rp. 200.000,00

5.Perangkat listrik                                             Rp. 200.000,00

6.Modem                                                         Rp. 800.000,00

7.Switch/hub                                                    Rp. 175.000,00

8.Spamduk (2 meter)                                        Rp. 100.000,00

9.Sewa tempat 1 tahun                                     Rp. 5.000.000,00

10.Warung kecik-kecilan                                  Rp. 1.000.000,00

11.Etalase kaca                                                Rp. 150.000 ,00      +

Rp. 33.025.000,00

 

  • Modal perhari

1.Uang makan 2 karyawan                               Rp. 40.000,00

 

 

ESTEMASI KEUNTUNGAN

            Perkiraan pemasukan minimun dalan satu bulan.

Penggunaan tiap komputer dalam satu hari 7 jam/hari.

Maka pemasukannya dapat dihitung:

5 komputer x 10 jam x Rp. 3.000/jam = Rp. 150.000,00

 

Pendapatan perbulan Rp. 150.000 x 30                                    = Rp. 4.500.000,00

  • Biaya perbulan

1.2 karyawan

Uang makan Rp. 30.000 x 30                           = Rp. 900.000,00

Gajih                                                                = Rp. 1.200.000,00

2.Listrik+air+kebersihan                                               = Rp. 200.000,00    +

Pengeluaran perbulan                                         Rp. 2.300.000,00

 

  • Perhitungan balik modal

Total modal                                                                  Rp. 33.025.000,00

Laba perbulan                                                             Rp. 2.200.000,00

Menurut perhitungan data di atas,modal akan kembali setelah warnet beroprasi selama 16 bulan.

 

 

 

 

 

 

FAKTOR PENGHAMBAT DAN PENGDUKUNG

 

Setip usaha yang dijalankan setiap waktu pasti ada yang sukses dan ada yang belum sukses seperti halnya usaha ini.Masalah sukses dan tidaknya sebuah usaha itu tergabtung terhadap bagaimana kita menjalankan dan merintis usaha yang kita jalankan.Selain usaha,kita juga harus tetap berdo’a karena do’a juga bisa membantu dalam kesuksesan usaha yang kita jalani,supaya usaha yang kita jalani menjadi berkah bagi saya dan juga orang yang menggunakan jasa usaha kita.Setiap usaha pasti memiliki faktor-faktor yang dapat mendukung untuk kemajuan usaha dan ada juga faktor yang dapat menghambat perkembangan usaha.Adapun beberapa faktor yang menurut saya sangat mendukung serta menghambat dalam menjalankannya serta mangembangkan usaha ini.Di bawah ini adalah faktor-faktor yang pendukung dan penghambat :

Faktor-faktor yang mendukung itu antara lain :

  1. Lokasi ini yang mudah dicari dan strategis
  2. Usaha ini masih langka /jarang dilokasi lingkungan rumah saya ,sehingga pesaingnya masih jarang dan dengan mudah untuk mendapatkan pelanggan yang banyak.
  3. Harganya tidak begitu mahal dikalangan masyrakat menengah kebawah
  4. Banyaknya anak sekolah

Faktor-faktor yang menghambat antaranya :

  1. Gangguan koneksi
  2. Sering terjadi pemadaman listrik

 

 

 

 

 

ATISIPASI MASA DEPAN

 

Sebagai seorang wirausahawan saya akan menekuni usaha ini dan saya berinsiatif untuk menambah lagi beberapa perangkat komputer,akan menambah beberapa layanan lain seperti:service komputer,kursus komputer,percetakan dll,dan juga mendirikan beberapa cabang di daerah lain yang tempatnya mendukung untuk mendirikan usaha yang saya jalani ini sehingga usaha saya lebih berkembang lgi dan usaha saya bisa membantu lebih banyakl orang lagi,Saya akan berusaha untuk memajukan dan mengembangkan usaha ini dan menurut saya usaha warung internet (warnet) ini dapat menambah pemasukan perbulan atau bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari saya dan keluarga saya nantinya.

 

KESIMPULAN

 

          Menurut pandangan saya usaha ini akan mencapai kesuksesan,karena di lingkungan rumah saya tidak ada usaha seperti yang saya rintis ini dan di lingkungan a saytidak banyak yang memiliki alat-alat elektronik seperti komputer dan printer dan di lingkungan saya banyak sekali anak-anak usia sekolah dan tidak sedikit pula remaja yang menyukai game on line dan juga membuka situs sosial seperti facebook/twitter,dll.